Thursday 12 November 2015

Captive (2014) - Without A Trace

07:20:00




Matthew Lane mengajak anak perempuannya yang berumur 10 tahun, Cassandra, untuk Mampir ke toko pie seusai latihan ice skating. Matt turun dari truknya, meninggalkan Cassandra sendirian di dalam truk. Tak lebih dari lima menit Matt membuka pintu truknya dan tak menemukan bocah perempuan lucu itu. Hilangnya Cassandra membuat rumah tangga Matt dan sang istri renggang. Sang istri terus menyalahkan Matt, sementara divisi khusus orang hilang kepolisian Canada malah mencurigai Matt sebagai dalang atas hilangnya Cassandra. Hingga delapan tahun kemudian, detektif dan timnya menemukan tanda-tanda jika Cassandra masih hidup dan malah menjadi anggota kelompok penculikan anak lewat internet.

Premis tentang orang hilang, terutama anak-anak, sudah sering kita saksikan. Terakhir kita melihat adu akting memukau Jack Gylenhaal dan Hugh Jackman di Prisoners yang mencari tahu keberadaan bocah hilang di depan rumah saat bermain. Ada dua kemungkinan untuk film dengan premis misteri orang hilang ini, pertama film akan sangat dramatis dan menguras kemampuan akting aktor dan aktris pemeran orang tua. Kedua, plot film akan sangat cerdas mengajak penonton mencari tahu siapa pelaku penculikan. Sayangnya, Captive hanya memenuhi kemungkinan pertama saja.

Ryan Reynolds yang penah dinobatkan sebagai pria terseksi versi majalah hiburan terkemuka itu mampu menampilkan akting prima sebagai seorang ayah yang kehilangan anak namun dicurigai sebagai pelaku. Kebingungan dan kegeraman bisa ia tampilkan dengan baik sepanjang film dengan tampilan kusut penuh brewok. Mireili Enos yang mendapat award lewat serial The Killing pun bisa menampilkan akting yang prima sebagai istri yang terus menyalahkan sang suami atas hilangnya anak mereka. Sementara Scott Speedman dan Rosario Dawson juga mampu menyelami peran sebagai duo detektif yang memecahkan kasus ini.

Dan yang salah adalah plotnya. Ritme yang lambat, motif penculikan yang tidak jelas dan misteri yang sudah di bongkar di awal cerita adalah biang kerok mengapa film ini dicibir saat tayang perdana di Festival Film Cannes. Saat film usai, semua orang menyoraki ‘boo’ kepada semua pemain yang hadir termasuk Ryan Reynold yang langsung meninggalkan gedung. Tentu saja cibiran itu bukan untuk akting bintang-bintangnya. Cibiran ini ditujukan untuk sang sutradara Atom Egoyan yang terlalu berambisi dengan jalan cerita namun malah menjadi aneh. Padahal Egoyan adalah sineas yang karya-karyanya kerap dinominasikan di ajang piala Oscar.


Tak bisa dipungkiri, penonton memang dibuat bingung dengan jalan cerita yang maju mundur ‘tanpa pemberitahuan’. Belum lagi motif penculikan yang tidak terkuak hingga akhir cerita. Di tambah keinginan para penculik yang ingin terus memonitor orang tua sang anak dengan memasang kamera dimana-mana, bahkan di rumah detektif sekalipun. Sungguh mengecewakan penonton yang sedari awal penasaran dan dibuat geram dengan pelaku yang ternyata sangat dekat dengan semua tokoh dalam film. Mungkin hanya penulis cerita yang mampu menjabarkan segala kebingungan penonton itu. Yang jelas, film dengan review negatif ini telah menyia-nyiakan kemampuan akting bintang-bintangnya dengan naskah yang belum matang itu.

Memorable scene: Saat Matt (Ryan Reynolds) dengan wajah tak percaya bercampur emosi bertemu lagi Cassandra yang sudah besar, delapan tahun kemudian. Namun penonton sudah tahu dari awal jika Cassandra tidak kemana-mana. Ugh

Hollywoof! memberi nilai: C-

CAPTIVE
Genre        :    Drama
Sutradara    :    Atom Egoyan
Penulis        :    Atom Egoyan
Pemain        :    Ryan reynold, Scott Speedman, Rosario Dawson
Durasi        :     140 Menit


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 Hollywoof! . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top