Sunday 1 November 2015

Begin Again (2013)

10:11:00


Nothin' like startin' over

Bagi anda yang butuh insprirasi bagaimana menata sesuatu dalam hidup dari awal lagi, sepertinya Begin Again patut anda saksikan. Film drama manis ini dipenuhi lagu-lagu asyik dari Keira Knightley dan Adam Lavine. Iya, Adam Lavine vokalis Maroon 5 itu.

Kisah berpusat pada tokoh Dan Mulligan yang mantan produser dan musisi terkenal. Dan juga seorang eksekutif di perusahaan rekaman yang dia dirikan. Namun kini pria tersebut berjuang meniti lagi karirnya dari awal. Bercerai, menjadi alkoholik, dan bahkan dipecat dari perusahaan yang dia dirikan itu. Dan bukannya pemalas, tapi dia merasa visi dan kiblat bermusiknya tak lagi sejalan dengan partner bisnisnya yang terlalu berorientasi pada trend dan mainstream.

Suatu malam di bar, Dan menyaksikan Gretta bernyanyi sambil bergitar. Insting musisi Dan langsung menyala dan tanpa basa-basi mengutarakan niatnya memproduseri gadis cantik itu. Gretta yang tak sengaja disuruh bernyanyi jelas menolak karena dia adalah penulis lagu, bukan penyanyi.



Lewat adegan flashback, penonton diberi tahu jika Gretta adalah mantan pacar Dave Kohl, penyanyi dan penulis lagu terkenal yang selingkuh dengan produsernya. Gretta sendiri sedang berjuang agar karya-karyanya bisa lebih dikenal orang, namun nampaknya orang-orang di industri musik hanya melihat dirinya sebagai pacar Dave Kohl.

Sebelum bertemu Dan, Gretta sebenarnya ingin meninggalkan New York untuk pulang kampung. Nasib mempertemukannya dengan produser bertangan dingin ini. Masalahnya adalah Dan sedang berada di titik terendah dalam hidupnya, dan Gretta adalah penulis lagu yang kerap kagok jika bernyanyi. Dan membawa Gretta ke perusahaannya dulu, malah di tolak mentah-mentah oleh rekan bisnisnya. Lalu apa yang akan dilakukan Dan dan Gretta untuk menghasilkan album perdana mereka? Di sinilah penonton disodori cerita kreatifitas dua orang ini dalam mewujudkan mimpi mereka yang mampu menginspirasi banyak orang.

Perlu dicatat, Begin Again tidak berisi cerita from zero to hero yang cheesy dan  mengada-ada. Kisah dituturkan dengan santai dan natural. Film ini tidak menyodorkan hal-hal besar yang tidak masuk akal dan terkesan mudah. Tokoh-tokoh di film ini tidak digambarkan begitu 'nol' saat tak punya apa-apa, dan begitu heroik saat mimpinya menjadi nyata. Pergulatan batin dan usaha keras para tokohnya digambarkan dengan smooth layaknya orang-orang kebanyakan.

Konflik pribadi Dan dan putrinya, serta Gretta dan mantan kekasihnya Dave juga diketengahkan namun tidak dibuat dramatis bak film drama umumnya. Tak ada anak gadis pemberontak yang membenci ayahnya, atau mantan pacar yang brengsek yang menyia-nyiakan bakat seseorang. Bahkan konflik yang disajikan tidak tajam sehingga kesan santai dan tak begitu berambisi ada di dalam film ini. Tapi inilah kekuatan film ini. Semua aktor tampak tidak seperti berakting dan plot film membuat penonton seolah menyaksikan potongan kisah orang-orang biasa saja.



Mark Ruffalo kembali menuai pujian dengan memerankan Dan Mulligan yang intuitif. Keira Knightley cukup mengesankan dengan aksen inggrisnya and she really can sing. Penggemar The Voice akan bersorak melihat Adam Lavine yang tak hanya berakting, namun juga bernyanyi dengan indah. And Cello Green is here too!! Bagusnya lagi, semua lagu dinyanyikan dengan durasi utuh layaknya film musikal.

Begin Again mengajari kita bahwa tak ada yang mustahil dalam hidup jika benar-benar berusaha. Jika kita punya prinsip dan bakat, jangan terpengaruh dengan apa yang banyak orang sukai karena jika kita sudah punya jati diri dan keunikan, maka jalan menuju sukses akan terbuka lebar. Be yourself and pave your own way to success.

Verdict: B+

Memorable scenes:
Gretta bernyanyi sambil bermain gitar di bar, Dan yang tengah mabuk menyaksikannya. Dan langsung membayangkan alat-alat musik lain bermain sendiri mengiringi lantunan suara Gretta.

Begin Again
Genre              :           Drama
Sutradara        :           John Carney
Penulis             :           John Carney
Pemain            :           Keira Knightley, Mark Ruffalo, Adam Lavine
Durasi              :           104 menit

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 Hollywoof! . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top